ABSTRAK
Karya ilmiah ini menjelaskan tentang
Social Media Marketing atau biasa di sebut pemasaran di social media, Apa itu
social media marketing?, Bagaimana cara meningkatkan pemasaran di social media?, Apa yang harus dihindari dalam social media marketing ? . Banyaknya orang yang
menggunakan social media sebagai salah satu cara pemasaran menjadikan alasan kenapa
saya membuat karya ilmiah ini.
ISI
Social Media Marketing adalah salah satu
bentuk marketing dengan menggunakan konsep Social Media. Memasarkan (marketing)
sesuatu (product, brand, issue, etc) menggunakan tools-tools social media
dengan memanfaatkan ‘masyarakat yang turut berpartisipasi di social media’.
Bagaimana cara meningkatkan pemasaran di social media?
Berikut adalah beberapa cara
pemasaran media sosial dapat meningkatkan bisnis Anda:
1. Peningkatan Pengakuan Merek.
Setiap kesempatan yang Anda miliki untuk sindikasi konten Anda dan meningkatkan
visibilitas Anda yang berharga. Hal ini
penting karena secara bersamaan membuat Anda lebih mudah diakses oleh pelanggan baru, dan membuat Anda lebih akrab
dan dikenal untuk pelanggan yang sudah ada.
2. Peningkatan loyalitas merek.
Menurut sebuah laporan yang diterbitkan oleh Texas Tech University, merek yang
terlibat pada saluran media sosial menikmati loyalitas tinggi dari para
pelanggan. Laporan ini menyimpulkan "Perusahaan harus mengambil keuntungan
dari alat media sosial memberi mereka ketika datang untuk menghubungkan dengan
audiens mereka. Sebuah rencana media sosial strategis dan terbuka bisa
membuktikan berpengaruh dalam morphing konsumen menjadi ada merek setia ".
3. Mengkonversi Peluang Lebih.
Setiap posting yang Anda buat pada platform media sosial adalah kesempatan bagi
pelanggan untuk mengkonversi. Ketika Anda membangun berikut, Anda secara
bersamaan akan memiliki akses ke pelanggan baru, pelanggan baru, dan pelanggan
lama, dan Anda akan dapat berinteraksi dengan mereka semua. Setiap posting
blog, gambar, video, atau komentar Anda berbagi adalah kesempatan bagi
seseorang untuk bereaksi, dan setiap reaksi dapat menyebabkan kunjungan situs,
dan akhirnya konversi. Tidak setiap interaksi dengan hasil merek Anda di
konversi, tetapi setiap interaksi positif meningkatkan kemungkinan konversi
akhirnya.
4. tingkat konversi yang lebih
tinggi. Hasil pemasaran media sosial di tingkat konversi yang lebih tinggi
dalam cara yang berbeda beberapa. Mungkin yang paling signifikan adalah elemen
humanisasi nya; fakta bahwa merek menjadi lebih manusiawi dengan berinteraksi
di saluran media sosial.
5. Otoritas Merek Tinggi. Berinteraksi
dengan pelanggan Anda secara teratur adalah menunjukkan itikad baik untuk
pelanggan lain. Ketika orang pergi untuk pujian atau membual tentang produk
atau layanan, mereka beralih ke media sosial. Dan ketika mereka mengirim nama
merek Anda, penonton baru akan ingin mengikuti Anda untuk update. Semakin
banyak orang yang berbicara tentang Anda di media sosial, yang lebih berharga
dan berwibawanya merek Anda akan tampak bagi pengguna baru. Belum lagi, jika
Anda dapat berinteraksi dengan influencer besar pada Twitter atau jejaring
sosial lainnya, otoritas yang terlihat dan mencapai akan meroket.
6. Peningkatan Lalu Lintas
Inbound. Tanpa media sosial, lalu lintas inbound Anda terbatas kepada
orang-orang yang sudah akrab dengan merek Anda dan individu mencari kata kunci
saat ini Anda peringkat untuk. Setiap profil media sosial Anda tambahkan adalah
jalan lain menuju kembali ke situs Anda, dan setiap bagian dari konten Anda
sindikasi pada profil tersebut adalah kesempatan lain bagi pengunjung baru.
Semakin banyak konten sindikat berkualitas Anda di media sosial, lalu lintas Anda
yang masuk akan lebih menghasilkan, dan lalu lintas berarti lebih memimpin dan
lebih banyak konversi.
7. Penurunan Biaya Pemasaran. Jika
Anda dapat meminjamkan hanya satu jam sehari untuk mengembangkan strategi
konten dan sindikasi Anda, Anda bisa mulai melihat hasil dari usaha Anda.
Bahkan membayar iklan melalui Facebook dan Twitter yang relatif murah
(tergantung pada tujuan Anda, tentu saja). Mulai kecil dan Anda tidak akan
pernah perlu khawatir tentang pergi atas anggaran-sekali Anda mendapatkan
merasa lebih baik untuk apa yang diharapkan, Anda dapat meningkatkan anggaran
dan meningkatkan konversi Sejalan.
8. Search Engine Lebih Baik. SEO
adalah cara terbaik untuk menangkap lalu lintas yang relevan dari mesin
pencari, tetapi persyaratan untuk sukses selalu berubah. Hal ini tidak lagi
cukup untuk secara teratur memperbarui blog Anda, pastikan tag judul dioptimalkan
dan deskripsi meta, dan mendistribusikan link yang menunjuk kembali ke situs
Anda. Google dan mesin pencari lainnya dapat menghitung peringkat mereka
menggunakan kehadiran media sosial sebagai faktor penting, karena dari fakta
bahwa merek yang kuat hampir selalu menggunakan media sosial. Dengan demikian,
menjadi aktif di media sosial bisa bertindak sebagai "sinyal merek"
untuk mesin yang merek Anda adalah sah, kredibel, dan dapat dipercaya
pencarian. Itu berarti, jika Anda ingin peringkat untuk himpunan kata kunci,
memiliki kehadiran media sosial yang kuat bisa hampir wajib.
9. Pengalaman Pelanggan. Sosial
media, pada intinya, adalah saluran komunikasi seperti email atau telepon
panggilan. Setiap interaksi pelanggan yang Anda miliki di media sosial adalah
kesempatan untuk secara terbuka menunjukkan tingkat layanan pelanggan Anda dan
memperkaya hubungan Anda dengan pelanggan Anda. Sebagai contoh, jika seorang
pelanggan mengeluh tentang produk Anda di Twitter, Anda dapat segera mengatasi
komentar, meminta maaf secara terbuka, dan mengambil tindakan untuk membuat
benar. Atau, jika pelanggan memuji Anda, Anda dapat berterima kasih kepada
mereka dan merekomendasikan produk tambahan. Ini adalah pengalaman pribadi yang
memungkinkan pelanggan tahu bahwa Anda peduli tentang mereka.
10. Peningkatan Wawasan
Pelanggan. Media sosial juga memberikan Anda kesempatan untuk mendapatkan
informasi berharga tentang apa yang pelanggan Anda tertarik dan bagaimana
mereka berperilaku, melalui mendengarkan sosial. Sebagai contoh, Anda dapat
memantau komentar pengguna untuk melihat apa yang orang pikirkan bisnis Anda
secara langsung. Anda dapat mengukur konversi berdasarkan promosi yang berbeda
diposting di berbagai saluran media sosial dan akhirnya menemukan kombinasi
sempurna untuk menghasilkan pendapatan.
Apa yang harus dihindari dalam berpromosi di social media ?
Berikut ini adalah kesalahan yang
harus Anda hindari dalam berpromosi di social media,
1. Profil
yang tidak lengkap
2. Konten
yang buruk
3. Spamming
4. Berteman
dengan orang yang tidak relevan atau dengan account kosong
5. Tidak
memisahkan urusan bisnis dan pribadi
6. Tidak
kukuh dengan kata-kata sendiri
7. Konsistensi
gamabar
8. Tidak
memBackup Social media dengan SEO
REFERENSI
0 komentar:
Posting Komentar